Selasa, 14 Juni 2011

jamnas

Pertemuan besar pramuka penggalang tanah air tahun 2011 akan berlangsung mulai 2 s.d. 9 Juli 2011 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Silakan klik poster di atas untuk melihat/menyimpan maskot dan logo

Logo Jamnas 2011
Logo Jambore Nasional IX Tahun 2011 adalah karya Putra Agung yang berhasil sebagai juara dalam sayembara logo dan maskot Jamnas 2011.
Bentuk
Bentuk logo dari elemen penting yaitu Tunas Kelapa, Jembatan Ampera, dan Elemen Air. Tunas Kelapa merupakan logo dari Pramuka itu sendiri, Jembatan Ampera merupakan lanrmark Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan air menggambarkan Danau Teluk Geram sebagai tempat pelaksanaan Jambore Nasional ini. Elemen Air terdiri dari sembilan garis yang menggambarkan bahwa pelaksanaan Jambore Nasional ini merupakan Jambore ke Sembilan.
Tipografi
Jenis tulisan memiliki kepribadian dan menunjukkan fungsi tertentu. Penggunaan yang konsisten dari jenis tulisan tertentu membuat audiens dengan mudah mengenali brand. Tipografi Jambore Nasional 2011 menggunakan frond brushlash yang mencerminkan semangat, kerja sama, dan kemandirian dalam pramuka itu sendiri.
Warna
Warna dasar utama yang dipilih adalah putih dan didukung oleh tiga warna lainnya yaitu merah, biru, dan hitam. Warna merah pada Jembatan Ampera dan Tunas Kelapa mencerminkan semangat dan kekuatan. Warna biru pada air mencerminkan kepercayaan, kesetiaan, ketenangan, kedamaian, dan ketulusan. Sedangkan warna hitam pada tipografi mencerminkan kekuatan dan keagungan.

Maskot Jamnas 2011
Maskot Jambore Nasional IX Tahun 2011 adalah karya Emilson yang berhasil sebagai juara dalam sayembara logo dan maskot Jamnas 2011.
Bentuk
Bentuk maskot Jamnas IX 2011 terdiri:
  • Karikatur Bangau Bluwok yang memikul tongkat berwarna merah dan diujungnya terikat bendera berwarna oranye berlogo tunas kelapa.
  • Burung Bangau berada pada posisi berdiri memakai seragam Pramuka Penggalang lengkap beserta atributnya.
  • Si Bluwok juga mengacungkan jari jempol tangan kanannya ke arah depan.
Pengertian
  • Bangau Bluwok merupakan satwa liar yang harus dilindungi dari kepunahan.
  • Seragam Pramuka Penggalang dan atribut merupakan pramuka yang harus memberikan cerminan tentang pentingnya melestarikan satwa dan lingkungan/alam sekitar.
  • Jempol tangan kanan memberi makna bahwa Pramuka ke depan harus lebih oke dan maju lagi.
Makna
Maskot Jamnas IX 2011 bernama ”Si Bawok”, singkatan dari ”Bangau Bluwok”. ”Bawok” juga merupakan kepanjangan dari Berwatak Arif, Wawasan Organisasi, dan Kesatria.
Secara gaya bahasa, nama Si Bawok adalah pengucapan familier, komunikatif, mudah diingat dan dimengerti, dan jenaka/lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar